Pages

Minggu, 01 September 2013

Info Training Running, 1. Analisis Laporan Keuangan, 2. Manajemen Persediaan Dan Administrasi Pergudangan, September 2013, Jakarta

SpectraCentre
Specialist Training Centre
 

Jadwal Training Running Spectracentre

 


Analisis Laporan Keuangan : Concept, Strategy & Implementation

Jakarta, 4 September 2013 - 5 September 2013

Souvenir, Flash disk, materi hand-out dan CD modul, 2x coffee break, makan siang dan sertifikat

Training Description

Dalam menilai hasil pencapaian / prestasi perusahaan yang terlihat pada laporan keuangan perusahaan, pimpinan perusahaan biasanya berorientasi pada laba perusahaan saja. Padahal dari laporan keuangan dapat tercermin berbagai aspek / masalah potensial yang mungkin segera harus ditanggulangi. Perusahaan dengan laba kecil namun kondisi keuangan memadai, relatif akan lebih baik dibanding perusahan dengan laba besar, namun kondisi keuangan buruk.

Analisis laporan keuangan merupakan alat informasi untuk membantu manajemen dalam mengambil keputusan. Bagi manajemen perlu, dalam rangka mengetahui efisiensi pendayagunaan sumber daya. Bagi Bankir, ini sangat penting dalam rangka pemberian kredit, baik kredit jangka pendek yang melihat likuiditas perusahaan atau jangka panjang yang menganalisa arus kas. Bagi pemilik perusahaan, analisis keuangan sangat penting untuk dapat mengetahui profitabilitas dari usahanya dan juga  mengetahui tingkat pengembalian atas investasi yang dilakukan.

Seminar ini akan dilakukan dengan case method, sehingga para peserta diharapkan akan mendapatkan pengalaman praktis menggunakan teknik analisis laporan keuangan pada kasus yang dibahas. perhitungan kuantitatif dan statistikal akan dikerjakan dengan menggunakan bantuan software.

Manfaat Setelah Mengikuti Program Pelatihan

Setelah mengikuti Training ANALISIS LAPORAN KEUANGAN“ Concept, Strategy & Implementation “ ini diharapkan akan lebih baik untuk :

  1. Mampu membaca dan melakukan analisis terhadap laporan keuangan perusahaan sehingga dalam melakukan tugas yang menjadi tanggung jawabnya mempunyai dasar yang kuat dari sisi keuangan.
  2. Memahami dalam bagaimana menganalisis, menginterpretasi, dan menggunakan laporan keuangan dengan benar.
  3. Memahami fundamental dari c a s h Flows, Balance Sheet, and Income Statement untuk proses pengambilan keputusan.
  4. Bisa memberikan sumbangan pemikiran dari sisi keuangan perusahaan terhadap kondisi yang dihadapi perusahaan
  5. Menambah kemampuan peserta untuk dapat membaca dan mengerti suatu laporan keuangan selanjutnya dapat memberi alternatif solusi management bagi perusahaan serta diharapkan pula mampu mengetahui kelemahan dan keunggulan dari kompetitor
  6. Mengimplementasikan alat-alat dan teknik-teknik Analisis Laporan Keuangan.
  7. Mengkonstruksikan peramalan laporan keuangan

Materi Training

1. Peran dan manfaat analisis laporan keuangan.

  • Maksud analisis laporan keuangan.
  • Analisis performansi masa lalu.
  • Analisis proyeksi performansi.
  • Interpretasi hasil analisis.

2. Alat-alat analisis laporan keuangan.

  • Peran statistik dalam analisis laporan keuangan.
  • Ukuran central tendency dan dispersi.
  • Regresi dan korelasi.
  • Studi kasus dan latihan.
  • Peragaan penggunaan software.

3. Daftar Laba/ Rugi ( Income Statement).

  • Komponen income statement.
  • Revenue analysis.
  • Expense analysis.
  • Other income and expense analysis.
  • Studi kasus dan latihan.

4. Neraca (Balance Sheet).

  • Analysis of balance sheet accounts.
  • Analisis komparatif.
  • Studi kasus dan latihan

5. Funds Flow Statement.

  • Persiapan penyusunan funds flow statement.
  • Funds flow analysis.
  • Studi kasus dan diskusi.

6.  Analisis rasio keuangan.

  • Penggunaan dan keterbatasan analisis rasio keuangan.
  • Pemilihan dan interpretasi rasio keuangan.
  • Analisis statitikal rasio keuangan.
  • Interpretive ratio analysis.
  • Studi kasus dan diskusi.

7. The p r o Forma Statement.

  • Apa yang dimaksud dengan p r o forma statement.
  • Kerangka analisis.
  • Mempersiapkan p r o forma statement.
  • The p r o forma income statement.
  • The p r o forma balance sheet.
  • Studi kasus dan diskusi.

8. c a s h Budget.

  • Apa yang dimaksud dengan c a s h budget.
  • Konstruksi c a s h budget.
  • Komponen komponen c a s h budget.
  • Identifikasi kebutuhan keuangan musiman (seasonal).

9. Teknik analisi laporan keuangan yang lain.

  • Working investment analysis.
  • Sustainable Growth.
  • Analisis sensistifitas.
  • Break-Even Analysis.

10. Studi kasus.

      Dalam  studi  kasus ini  akan  dibahas  kasus   analisis  laporan keuangan secara terpadu.

Siapa yang harus hadir dalam workshop ini :

  • Para manajer atau eksekutif (keuangan/non keuangan)
  • Staff yang akan dipromosikan sebagai manajer (keuangan/non keuangan)

T rainer : Ir. Asep Saefulbachri , MBA., MM.

Beliau mendapatkan gelar MBA-nya dari Asian Institute of Management pada tahun 1992 dan Magister Management dari sekolah Tinggi Manajemen Bandung (telkom) pada tahun 1996. Lulusan Teknik Industri ITB pada tahun 1981 ini mengikuti banyak training & pelatihan di dalam dan luar negeri, antara lain yang di adakan oleh: Arizona State university USA, ATI-Edmonto, Canada, dan Siemens-Munich West Germany.

Sebagai direktur sebuah training organizer dan konsultan di bidang management, beliau juga aktif memberikan training-training untuk Opration Managenet, Purchashing, Production, Logistic & Supply Chain Management, Business & financial Management, dan lain – lain. Beliau juga memberikan mata kuliah untuk Logistic & Supply Chain Management dan financial Management di program Pasca Sarjana Fakultas Teknik Industri Universitas Pasundan Bandung

Investasi : Rp 3.500.000 termasuk ( Souvenir, Flash disk, materi hand-out dan CD modul, 2x coffee break, makan siang dan sertifikat )

Silahkan klik disini untuk pendaftaran.

 


Manajemen Persediaan Dan Administrasi Pergudangan

Jakarta, 9 September 2013 - 10 September 2013

Souvenir, Flash disk, materi hand-out dan CD modul, 2x coffee break, makan siang dan sertifikat

Seminar/Conference Description

Manajemen logistik dan Pergudangan memegang peran yang sangat penting dalam kehidupan sebuah perusahaan. Barang yang disimpan di gudang bisa dalam bentuk bahan baku, barang setengah jadi, suku cadang maupun produk jadi. Peningkatan produktivitas dan pelayanan pergudangan akan sangat berpengaruh pada performansi perusahaan secara keseluruhan. Pelatihan ini akan membahas aspek operasional sistem manajemen pergudangan. Karena titik utama pembahasan adalah masalah operasional logistik dan administrasi pergudangan, maka pelatihan ini sangat cocok untuk para eksekutif perusahaan di tingkat operasional dan menengah. Di dalam pelatihan ini,selain aspek manajemen juga akan dibahas secara terinci sistem dan prosedur administrasi pergudangan, laporan yang harus dihasilkannya beserta contoh setiap jenis formulir yang diperlukan.

Manfaat setelah mengikuti seminar ini :

  1. Peran manajemen logistik dan Pergudangan dalam kehidupan Perusahaan.
  2. Pemeriksaan/Pengujian Barang.
  3. Administrasi Penerimaan Barang.
  4. Administrasi Penyimpanan Barang.
  5. Akuntansi Persediaan.
  6. Konsep inventory control.
  7. Administrasi Distribusi Barang.
  8. Laporan Sistem Pergudangan.
  9. Inventarisasi dan auditing persediaan
  10. Sistem Informasi dan Komputerisasi Sistem Manajemen Pergudangan
  11. Pengukuran performansi sistem pergudangan dan distribusi.

Materi seminar :

  1. Peran manajemen logistik dan Pergudangan dalam kehidupan Perusahaan.
    1. Evolusi sistem manajemen logistik.
    2. Siklus manajemen logistik.
    3. Pergudangan sebagai Subsistem dalam sistem logistik.
    4. Objektif Manajemen logistik dan Pergudangan.
    5. Fungsi fungsi manajemen logistik dan pergudangan.
    6. Fungsi Pelayanan Sistem logistik dan Pergudangan.
    7. Aktivitas gudang
    8. Struktur Pergudangan
    9. Pemilihan Lokasi Gudang
  2. Pemeriksaan/Pengujian Barang.
    1. Dasar Pemeriksaan Barang.
    2. Destructive dan Non destructive test.
    3. Kriteria Pemeriksaan total dan sampling.
    4. Penentuan ukuran sample.
    5. Penentuan Acceptance Level.
    6. Pembuatan Berita Acara Pemeriksaan Barang.
  3. Administrasi Penerimaan Barang.
    1. Prasyarat penerimaan barang.
    2. Pembentukan teams penerimaan barang.
    3. Kriteria penerimaan barang.
    4. Sistem dan Prosedur Penerimaan Barang.
    5. Dokumen penerimaan barang.
    6. Berita Acara Penerimaan Sementara.
    7. Berita Acara Penerimaan Barang.
    8. Penyusunan laporan transaksi barang.
    9. Rekomendasi pembayaran.
  4. Administrasi dan Teknik Penyimpanan Barang.
    1. Sistem dan Prosedur Penyimpanan Barang.
    2. Dokumen yang digunakan untuk penyimpanan barang.
    3. Tatacara Pengisian Kartu Barang.
    4. Tatacara Pengisian Kartu Administrasi Persediaan
    5. Tatacara perhitungan nilai persediaan barang
  5. Teknik Penyimpanan Barang Berukuran Kecil.
    1. Aktivfitas unloading barang ukuran kecil.
    2. Pengendalian kualitas dan kuantitas.
    3. Packaging.
    4. Identifikasi produk.
    5. Teknik penyimpanan dan pelayanan pelanggan
    6. Pengendalian persediaan.
    7. Authomatic identification method
  6. Pengelolaan barang yang disimpan menggunakan karton (full-case)
    1. Manfaat penyimpanan barang menggunakan karton.
    2. Order-pick methods.
    3. Teknik pengaturan penyimpanan menggunakan karton.
    4. Identifikasi posisi karton dan pallet.
  7. Akuntansi Persediaan.
    1. Peran akuntansi dalam pengelolaan persediaan.
    2. Kontrol intern dilihat dari segi organisasi serta sistem dan prosedur administrasi pergudangan.
    3. Perhitungan biaya material dengan metoda FIFO (First in First Out), LIFO (Last in First Out), dan AVERAGE.
    4. Laporan persediaan yang diperlukan akuntansi.
  8. Laporan Sistem Pergudangan.
    1. Laporan status persediaan.
    2. Laporan Transaksi Barang.
    3. Klasifikasi Barang.
    4. Statistik Pemakaian Barang.
    5. Laporan Perhitungan Inventory Control.
  9. Manajemen Pergudangan dan distribusi.
    1. Konsep dasar Distribution Requirement Planning (DRP).
    2. Multi - echelon distribution system
    3. Pull system
    4. Push system
    5. Illustrasi order - point system
    6. Solusi order point
    7. Base - stock system
    8. Illustrasi perhitungan DRP
    9. Studi kasus DRP dengan menggunakan Software.
  10. Inventory Control Techniques.
    1. Klasifikasi persediaan.
    2. Biaya persediaan.
    3. Sistem pengendalian persediaan.
    4. Economic order quantity; Reorder point dan Safety Stock untuk Independent - material
    5. Fixed order period inventory system.
    6. Just In Time (JIT) inventory management.
    7. Latihan perhitungan optimasi persediaan.
  11. Inventarisasi dan auditing persediaan
    1. Manfaat inventarisasi persediaan.
    2. Teknik inventarisasi persediaan.
    3. Inventarisasi total dan inventarisasi sebagian.
    4. Laporan Hasil inventarisasi.
  12. Sistem Informasi dan Komputerisasi Sistem Manajemen Pergudangan
    1. Perbedaan data dan informasi pergudangan.
    2. Apa yang dimaksud dengan sistem informasi manajemen.
    3. Pembentukan Master File Kodifikasi Barang.
    4. Pembentukan Master File Persediaan di Gudang.
    5. Penentuan Kode Lokasi Barang.
    6. Teknik Pencatatan Transaksi Barang.
  13. Studi kasus sistem manajemen pergudangan.

Metoda Seminar :

Ceramah,diskusi, studi kasus dan praktikum QSB (Quantitative System for Business).

Anda seharusnya hadir :

Manajer logistik dan staff, manajer pergudangan dan staff,manajer pengadaan dan staff, manajer keuangan dan staff, manajer Supply Chain dan staff serta semua posisi yang erat hubungannya dengan manajemen persediaan dan pergudangan

T rainer : Ir. Asep Saefulbachri , MBA., MM.

Beliau mendapatkan gelar MBA-nya dari Asian Institute of Management pada tahun 1992 dan Magister Management dari sekolah Tinggi Manajemen Bandung (telkom) pada tahun 1996. Lulusan Teknik Industri ITB pada tahun 1981 ini mengikuti banyak training & pelatihan di dalam dan luar negeri, antara lain yang di adakan oleh: Arizona State university USA, ATI-Edmonto, Canada, dan Siemens-Munich West Germany.

Sebagai direktur sebuah training organizer dan konsultan di bidang management, beliau juga aktif memberikan training-training untuk Opration Managenet, Purchashing, Production, Logistic & Supply Chain Management, Business & financial Management, dan lain – lain. Beliau juga memberikan mata kuliah untuk Logistic & Supply Chain Management dan financial Management di program Pasca Sarjana Fakultas Teknik Industri Universitas Pasundan Bandung

Investasi : Rp 3.500.000 termasuk ( Souvenir, Flash disk, materi hand-out dan CD modul, 2x coffee break, makan siang dan sertifikat )

Silahkan klik disini untuk pendaftaran.

 


Training Akan dilaksanakan di:

Arion Swiss Belhotels (Kemang) / hotels Harris (Tebet) / Aryaduta Suites hotels(Semanggi)/ Ibis Arcadia hotels / Ibis Tamarin hotels / hotels Peninsula

hotels lainnya di Jakarta yang akan kami konfirmasikan di dalam confirmation letter

 

Bagi rekan-rekan yang ingin mengetahui Jadwal Publik training ataupun In House Training Specialist Training centre (Spectra Centre), Silakan mengunjungi website kami www.spectracentre.com atau dapat juga mendaftar melalui HOTLINE kami dari hari Senin s/d Jum'at, Pkl 09.00 s/d 17.00 wib.
Terima kasih

 


No. Topic Public Training Lainnya Tanggal Status
1 Compensation Benefits and Salary Structure Designed 5 Sep - 6 Sep Almost Running
2 Comprehensive Industrial Relations 9 Sep - 10 Sep Almost Running
3 jobs Description and Performance Appraisal Workshop 9 Sep - 10 Sep Almost Running
4 MANAJEMEN PAYROLL 12 Sep - 12 Sep Almost Running
5 Business Excellence Through Lean Six Sigma Management 12 Sep - 13 Sep Almost Running
6 Effective Communication Skill - Concept, Strategy & Implementation 12 Sep - 13 Sep Almost Running
7 Human Resources Management 12 Sep - 13 Sep Almost Running
8 Logistics and Supply Chain Management : Concept, Strategy and Implementation 12 Sep - 13 Sep Almost Running

 


About Us

SPECIALIST TRAINING CENTRE (SPECTRA CENTRE)
PENDAFTARAN:
Iman / Yusuf / Doni / Seno
Telp:(021) 8774 0801, 2732 9622, 7072 6151
Fax:(021) 8774 0627
Email : pendaftaran@spectracentre.com
Website : www.spectracentre.com

 


PT. SOLUTION CENTRE INDONESIA / SPECIALIST TRAINING CENTRE (Spectra Centre)
PODOMORO CITY, gardenn shoping Arcade Blok B / 8 DH, Jl. S. Parman, Jakarta Barat 11470 - Indonesia.
Telp: (021) 7072 6151, 2732 9622 Fax: (021) 8774 0627, Website: www.spectracentre.com
Silahkan klik disini untuk berhenti berlangganan email dari kami.
Click this link to stop receiving these emails

0 komentar:

Posting Komentar