Pages

Selasa, 04 Juni 2013

Training Running Juni 1. Manajemen Payroll, 2. Export Import Procedure(Kunjungan Lapangan), 3. Designing ROADMAP - Vision - Values for Excellent Organization

SpectraCentre
Specialist Training Centre
 

Jadwal Training Running Spectracentre

 


MANAJEMEN PAYROLL

Jakarta, 12 Juni 2013

Souvenir, Flash disk, materi hand-out dan CD modul, 2x coffee break, makan siang dan sertifikat

TRAINING DESCRIPTION

Manajemen Payroll merupakan bagian dari sistem Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) yang mengelola berbagai komponen penggajian karyawan dalam satu kesatuan perhitungan. Bagian ini merupakan bagian yang sangat dominan dari keseluruhan sistem MSDM. Penguasaan dasar tentang Payroll mutlak diperlukan agar personil yang menangani Penggajian dapat melakukan penyesuaian dengan cepat, mengingat penggajian memiliki ruang lingkup kerja yang besar.

Transaksi yang termasuk dalam Payroll antara lain Gaji Pokok, Jadwal Kerja, Surat Perintah Lembur, Ijin kehadiran, Potongan-potongan, Uang makan, Uang Transport, Daftar Gaji Non Staff, Daftar Gaji Staff, Koreksi penggajian dan lain-lain. Payrol juga memiliki berbagai perhitungan otomatis yang dikendalikan oleh aktivitas-aktivitas lain yang bersifat otomatis dalam sistem yang disesuaikan dengan sistem di perusahaan.
Aktivitas-aktivitas otomatis tersebut meliputi perhitungan lembur, PPH Pasal 21, Tunjangan Kehadiran Karyawan, Uang Transport dan lain-lain. Oleh karena itu apabila penanganan Payroll tidak benar akan sangat merugikan, baik bagi kepentingan karyawan maupun perusahaan sendiri.

TUJUAN & MANFAAT PELATIHAN :

Setelah mengikuti pelatihan selama 1 (Satu) hari ini diharapkan para peserta akan memperoleh pengetahuan tentang :

  • Mengerti dan memahami konsep penggajian dan kesejahteraan bagi karyawan.
  • Membuat perhitungan lembur, cuti, absensi, klaim medical dsb.
  • Menghitung PPh 21 dengan berbagai metode seperti gross, gross-up, net dan membuat laporannya.
  • Menghitung dan membuat laporan Jamsostek/asuransi tenaga kerja.
  • Menyusun komponen gaji , pendapatan dan potongan serta mengkalkulasi proses perhitungan gaji mulai dari input data, proses dan pembuatan laporan penggajian.

METODE PELATIHAN :

  1. Lecturing
  2. Workshop
  3. Konsultasi Interaktif
  4. Tugas Individual dan Kelompok

Siapa yang perlu mengikuti :

HR Manager/Staff, Payroll Manager/Staff, Staff Acounting/Pajak, Entrepreneur dan pihak-pihak lain yang berminat.

MODULE :

  1. Pengantar Pengupahan/penggajian
  2. Pengertian upah/gaji dan kesejahteraan menurut UU
  3. Komponen Pengupahan
  4. Fringe benefit
  5. Taxable dan non taxable fringe benefit
  6. Pengertian Earning/pendapatan dan deduction/potongan
  7. Metode perhitungan PPh 21 gross, net dan gross-up
  8. Form PPh 21, 1721A1, 1721I, 1721II, 1721T, E- spt dll
  9. Jamsostek (Asuransi tenaga kerja)
  10. Cuti, absensi, lembur, medical, pinjaman
  11. Mengkalkulasi proses perhitungan gaji dan membuat laporan penggajian
  12. Membuat laporan ke pihak external seperti pajak, Jamsostek, dll.

T rainer : Sih Hartono, MM & Eri Lestanto, SE. MBA

Mereka adalah praktisi HRD yang sudah belasan tahun menggeluti bidang Human Resources Management dan pernah menjabat sebagai senior manager HR & GA di suatu perusahaan swasta nasional, dengan jumlah karyawan diatas limabelas ribu orang, memiliki pengalaman sebagai profesional HR di beberapa industri selama lebih dari 15 tahun. Beberapa Skills dan expertise beliau diantaranya : HR Management, Personell dan GA, HR Budgeting, Designing Job Grading, Salary Structure dan Industrial Relation. Dengan pengalaman dan expertise yang ia miliki dibuktikan dengan pengalamannya sebagai trainer dan HR consultant untuk berbagai perusahaan seperti, Mulia Industrindo Tbk, Lembaga Pengembangan Tenaga Kerja, PT. Narumi Indonesia, PT. Toyobesq PPI, PT Lintec Indonesia, PT. Mulia Industrindo Tbk. PT. Telkom, Universitas Indonesia Dll.

Investasi : Rp 2.000.000 termasuk ( Souvenir, Flash disk, materi hand-out dan CD modul, 2x coffee break, makan siang dan sertifikat )

Silahkan klik disini untuk pendaftaran.

 


Export Import Procedure (Kunjungan Lapangan)

Jakarta, 17 Juni 2013 - 19 Juni 2013

Souvenir, Flash disk, materi hand-out dan CD modul, 2x coffee break, makan siang dan sertifikat

TRAINING DESCRIPTION

Dalam era perdagangan global sekarang ini arus barang masuk dan keluar sangatlah cepat. Untuk memperlancar urusan bisnisnya, para pengusaha dituntut untuk memiliki pengetahuan yang cukup mengenai prosedur ekspor dan impor, baik dari kepabeanan, shipping maupun perbankan, yang semuanya ini saling berkaitan dan selama ini sering terjadi permasalahan dilapangan. Pelatihan ini khusus diberikan, didisain dan dikembangkan bagi para eksekutif ekspor impor untuk memberikan keterampilan pemahaman yang mendalam mengenai prosedur ekspor impor secara terpadu baik dari sisi Kepabeanan, Shipping dan Perbankan dan lain - lain. Di akhir pelatihan, peserta akan  semakin  merasakan  manfaat  pelatihan  dengan  diberikan  latihan pengisian dokumen ekspor – impor dengan benar serta permasalahan – permasalahan yang selama ini sering dialami dilapangan.

Disampaikan secara praktis dan dibawakan oleh praktisi yang sudah berpengalaman lebih dari 19 tahun di bidang ekspor impor. Dalam pelatihan ini anda akan dibimbing step by step agar bisa menjalankan proses ekspor impor secara efektif dan efisien. Selain di kelas theory dan praktek, juga akan di pandu melakukan kunjungan lapangan ke pelabuhan domestic dan export impor sebagai akselarasi, trigger, perbandingan, pengalaman, tentang rial proses handling barang dan dokumen ekspor impor di lapangan.

METODE PELATIHAN :

  1. Lecturing
  2. Workshop
  3. Konsultasi Interaktif
  4. Tugas Individual dan Kelompok
  5. Praktek Lapangan

Siapa yang perlu mengikuti :

Eksekutif, supervisor, senior staf dibidang ekspor impor dari perusahaan - perusahaan yang melakukan ekspor impor, Perusahaaan Niaga / Industri / Pertambangan / Otomotif, BUMN dan Swasta, Bank BUMN, Swasta Nasional dan Asing, Perusahaan Asuransi, Perusahaan Pelayaran, dll.

MODULE :

  1. Gambaran umum kepabeanan:
  • Pengertian Kepabeanan
  • Daerah pabean,
  • kawasan pabean,
  • kewenangan pabean,
  • mengenal buku tarif bea masuk,
  • cara klasifikasi barang (HS).
  1. Incoterms 2010 (Syarat Peyerahan Barang)
    1. EX Works
    2. FCA, FAS, FOB
    3. CFR, CIP, CPT, CIP
    4. DAT, DAP, DDP
    5. Aplikasi Incoterm dan Biaya biaya yang terkait dengan ekspor impor
  1. Metode Pembayaran Internasional
  1. Advance Payment
  2. Open Account
  3. Consignment
  4. Collection
  5. L/C
  1. International Transportation
    1. Pengertian
    2. Shipping Company
      1. Reguler Liner Service
      2. Tramper Service
      3. Charter Party
    3. Shipment (Pengapalan)
      1. Pengertian dari Shipment
      2. Pihak- pihak yang terlibat dalam shipment
      3. Tanggung Jawab & Kewajiban Shipper, Carrier dan Consignee
      4. Inward Manifest dan keterkaitanya dengan importer
      5. Outward Manifest dan keterkaitanya dengan eksporter
  1. Prosedur shipping:
    1. Prosedur booking kapal cargo atau pesawat cargo dengan shipping instruction
    2. Transport Documents
    3. Pengertian document transport
    4. Bill of Lading (B/L):
    5. Original BL dan copy BL
    6. Sea Way Bill, bank garansi  Telex Release
    7. Master BL dan House BL
    8. Throught BL, Combine BL/Multimodal BL, Switch BL
  1. Bill of Lading (B/L) dan Delivery order impor dan ekspor
    1. Fungsi dari B/L
    2. Hal – hal yg perlu diperhatikan di dalam B/L
    3. Cara peralihan / endorsement B/L
    4. Reading the BL:
      1. Number BL
      2. Issuer BL
      3. Party in the BL 
      4. Shipped on Board
      5. Clean on Board
      6. Dirty / Foul B/L
      7. Special note in BL : Free time demmurage, temperature control, stowage note 
      8. Said To Contain (STC)
      9. Shipper Load and account
      10. CY / CY atau FCL / FCL
      11. CFS / CFS atau LCL / LCL
      12. Freight payer
      13. Shipping mark
      14. etc
  1. Dokumen Ekspor – Impor
    1. Dokumen Finansial (Financial Documents)
    2. Shipping Documents
      1. Commercial Invoice
      2. Packing / Weight List
      3. Bill of Lading / B/L
      4. Air Waybill / AWB
      5. Marine Insurance
      6. Certificate of Origin (SKA),
      7. dll
  1. Prosedur Impor
    1. Pengertian Impor
    2. Persyaratan Impor
    3. Kedatangan Barang Impor
    4. Hal-hal yang dilakukan di pelabuhan:
      1. Shipping Clearance
      2. Custom Clearance
      3. Port Clearance
    5. Pungutan Negara dalam Rangka Impor
      1. Nilai Dasar Perhitungan Bea Masuk (NDPBM)
      2. Surat Setoran Pabean Cukai & Pajak (SSPCP)
      3. Cara Perhitungan: Bea Masuk, Cukai, PPN & PPnBM, PPh Pasal 22
    6. Tata Cara Pembayaran BM, Cukai, PPN, PPnBM dan PPh Psl 22
  1. Pengeluaran Barang Impor
    1. Dokumen Pemberitahuan
    2. Pembayaran Pajak & Pungutan Negara
    3. Penetapan Jalur
      1. Jalur kuning
      2. Jalur Merah
      3. Jalur Hijau
      4. Jalur Prioritas
    4. Pemeriksaan Pabean
      1. Pemeriksaan Dokumen
      2. Pemeriksaan Fisik
  1. Jalur Prioritas
    1. Pengertian
    2. Kemudahan / Manfaat
    3. Persyaratan
    4. Cara Pengajuan / Mendapatkan Jalur Prioritas
  1. Tata Kerja Penyelesaian Barang Impor
    1. Penyelesaian barang impor melalui jalur merah
    2. Penyelesaian barang impor melalui jalur kuning
    3. Penyelesaian barang impor melalui jalur hijau
    4. Penyelesaian barang impor melalui jalur prioritas
  1. Fasilitas Kepabeanan (Custom Facility)
    1. Kemudahan Impor Tujuan Ekspor ( KITE )
    2. Kawasan Berikat
    3. Gudang Berikat
    4. Jalur Prioritas
    5. Returnable Package
    6. Customs Advice & Valuation Ruling
    7. Pre Notification
    8. Etc.
  1. Prosedur Ekspor dengan Menggunakan Letter of Credit (L/C)
    1. Pengertian Ekspor dan persyaratan menjadi eksporter
    2. Persyaratan Ekspor
    3. Pengelompokkan Barang Ekspor ( Larangan dan Pembatasan)
    4. Pajak / Pungutan Ekspor
      1. Dasar & Tujuan Barang dikenakan Pajak Ekspor
      2. Tata Cara Perhitungan Pajak Ekspor
      3. Harga Patokan Ekspor (HPE)
      4. Surat Tanda Bukti Setoran (STBS)
      5. Surat Sanggup Bayar (SSB)
    5. Memahami Syarat & Kondisi L/C
    6. Proses ekspor melalui shipping dan airlines
    7. Tata Cara Memeriksa Dokumen
    8. Discepancy dan Penanganannya
    9. Negotiation
    10. Collection Basis
    11. Diskonto
  1. Pembahasan kasus – kasus yang sering terjadi dalam transaksi Ekspor – Impor

Kunjungan lapangan ke pelabuhan domestic dan di gudang export impor sebagai akselarasi, trigger, perbandingan, pengalaman, tentang rial proses handling barang dan dokumen ekspor impor di lapangan

T rainer : Marsanto, MM

(Praktisi Dibidang Ekspor Impor & Konsultan)

Berpengalaman di bidang tata laksana impor, tata laksana ekspor, pelayaran cargo international dan domestic, operasioanal pelabuhan, operasional freight forwarder, pembangunan jaringan freight forwarder, pemasaran, manajemen perusahaan freight forwarder, sumber daya manusia di bidang freight forwarder, ekspor-impor, logistics.

Telah dan masih aktif berkarir sebagai professional di industri Pelayaran dan Forwarder dan memberikan jasa konsultasi kepada perusahaan eksportir dan importir. Area kepakarannya meliputi Ekspor Impor, Logistik, Shipping, Kepabeanan dan Human Resources.

Saat ini beliau aktif sebagai Manajer Divisi ekspor-impor di International Freight Forwarder. Berpengalaman dalam bidang pengajaran dan pelatihan sebagai pengajar dan pembicara dalam seminar serta fasilitator training seperti di Politeknik LPKIA, Politeknik Pos Indonesia, Politeknik Negeri Bandung dan beberapa instansi lainnya sejak tahun 1998 dan para bankir seperti : Bank Bukopin, Bank Danamon, Bank Permata, Bank DBS, Standard Chart Bank dll.

Investasi : Rp 6.000.000 termasuk ( Souvenir, Flash disk, materi hand-out dan CD modul, 2x coffee break, makan siang dan sertifikat )

Silahkan klik disini untuk pendaftaran.

 


Designing ROADMAP - Vision - Values for Excellent Organization

Jakarta, 13 Juni 2013 - 14 Juni 2013

Souvenir, Flash disk, materi hand-out dan CD modul, 2x coffee break, makan siang dan sertifikat

Latar Belakang

Semua pebisnis ingin usahanya tetap berjalan (bertahan lama). Padahal pesaing datang menggempur terus menerus. Apalagi perubahan teknologi, sosial, dan ekonomi datang menghantam terus menerus. Haruskan kita menyerah? Tidak. Ikuti workshop ini dan buat peta perjalanan (Road Map) perusahaan anda dalam 5-10 tahun mendatang. Ingat: jika gagal membuat perencanaan berarti merencanakan kegagalan!. Selain itu dapatkan pula cara untuk menjalankan strategy yang anda pilih, agar tujuan yang tertera di Road Map dapat tercapai.

 

Setelah mengikuti workshop ini peserta mampu :

  • Mengurangi  kesalahan dalam penyusunan perencanaan bisnis diperusahaan
  • Mempertahankan bisnis yang telah eksis dan memudahkan expansi bisnis di lingkungan yang penuh kompetisi
  • Membekali peserta dengan peta usaha sebagai pedoman dalam menentukan arah kebijakan perusahaan dalam mengeksploitasi peluang bisnis
  • Membekali peserta agar dapat menyusun business plan yang dapat menyajikan semua informasi penting dari berbagai aspek usaha bisnis yang meliputi key success factors, SWOT , Strategy Map dan Balanced Scorecard

 

Outcome dan  materi yang dipelajari :

1. Penentuan visi 5-10 tahun ke depan. What business are we in and should we in

2. Apa peran misi ?

3. Apa peran Shared  Values ?

4. Analisa faktor external dan internal

5. Competitive Benchmark

6. Penyempurnaan Road Map dengan Strategy Map

7. Penyusunan Balanced Scorecard

8. Managing People Performance

T rainer : Daniel Hadinata Saputro, MM.MBA.

Daniel Saputro is a Senior Corporate Consultant in several companies. He is known as Mr Scorecard and successfully diagnoses the most important priorities to address in many organizations. He suggests a change‐management plan, and then guides the organizations through the necessary change Nuqul Group (Jordan ‐ Middle East) was one of his clients. Nuqul Group embraces 31 regional and global companies, with 3000 employees in Jordan and over 5500 worldwide. Daniel also assisted Change Management Program in Coal Mining company from Thailand, handled Managers Development Programs and improving corporate system using Strategy Map, KPI and Balance Scorecard His main expertise is in improving the effectiveness of people and organizations by: 1) Establishing relationships with key personnel in the organization 2) Researching and evaluating systems in the organization to understand dysfunctions and/or goals of the systems in the organization 3) Identifying approaches (or "interventions") to improve effectiveness of the organization and its people; 4) Applying approaches to improve effectiveness 5) Evaluating the ongoing effectiveness of the approaches and their results

Investasi : Rp 3.500.000 termasuk ( Souvenir, Flash disk, materi hand-out dan CD modul, 2x coffee break, makan siang dan sertifikat )

Silahkan klik disini untuk pendaftaran.

 


Training Akan dilaksanakan di:

Arion Swiss Belhotel (Kemang) / Hotel Harris (Tebet) / Aryaduta Suites Hotel(Semanggi)/ Ibis Arcadia Hotel / Ibis Tamarin Hotel / Hotel Peninsula

Hotel lainnya di Jakarta yang akan kami konfirmasikan di dalam confirmation letter

 


About Us

SPECIALIST TRAINING CENTRE (SPECTRA CENTRE)
PENDAFTARAN:
Iman / Yusuf
Telp:(021) 8774 0801, 2732 9622, 7072 6151
Fax:(021) 8774 0627
Email : pendaftaran@spectracentre.com
Website : www.spectracentre.com


 

Bagi rekan-rekan yang ingin mengetahui Jadwal Publik training ataupun In House Training Specialist Training centre (Spectra Centre), Silakan mengunjungi website kami www.spectracentre.com atau dapat juga mendaftar melalui HOTLINE kami dari hari Senin s/d Jum'at, Pkl 09.00 s/d 17.00 wib.
Terima kasih

 


PT. SOLUTION CENTRE INDONESIA / SPECIALIST TRAINING CENTRE (Spectra Centre)
PODOMORO CITY, gardenn shoping Arcade Blok B / 8 DH, Jl. S. Parman, Jakarta Barat 11470 - Indonesia.
Telp: (021) 7072 6151, 2732 9622 Fax: (021) 8774 0627, Website: www.spectracentre.com
Silahkan klik disini untuk berhenti berlangganan email dari kami.
Click this link to stop receiving these emails

0 komentar:

Posting Komentar