Pages

Kamis, 20 Juni 2013

Training Running Juni, 1. Recruiting Interviewing And Selecting Employees, 2. Compensation Benefits 3. Powerful Data Analysis And Summary Report With Excel 2007

SpectraCentre
Specialist Training Centre
 

Jadwal Training Running Spectracentre

 


Recruiting interviewsing And Selecting Employees

Jakarta, 27 Juni 2013 - 28 Juni 2013

Souvenir, Flash disk, materi hand-out dan CD modul, 2x coffee break, makan siang dan sertifikat

PENDAHULUAN

Perusahaan yang sukses adalah perusahaan yang memiliki kepedulian tentang kualitas SDM yang dimiliki. Dengan memiliki kualitas SDM yang unggul, perusahaan akan lebih mampu untuk bersaing dengan kekuatan pesaing baik nasional maupun internasional. Langkah yang paling strategis dalam persoalan pemilikan SDM yang hebat dan professional adalah program rekrutmen dan seleksi di perusahaan. Hal ini merupakan pintu masuk utama yang harus dijaga secara ketat oleh manajemen agar perusahaan memiliki SDM yang diharapkan. Untuk itu perusahaan harus memiliki orang-orang yang paham bagaimana fungsi rekrutmen di perusahaannya dan bagaimanA menjalankan tugas sesuai harapan perusahaan.

Bagaimana mendapatkan sumber-sumber calon- calon karyawan yang potensial? Bagaimana menyeleksi mereka? Bagaimana teknik wawancara dalam menggali potensi mereka? Bagaimana langkah-langkah melakukan rekrutmen karyawan dari A sampai Z nya? Semuanya akan dibahas dalam program training selama 2 hari ini. Dengan program ini diharapkan para peserta akan mendapatkan pemehaman lebih lengkap dan dapat menjalankan fungsi rekrutmen dengan efektif.

 

Objectives

Di akhir program peserta akan :

  1. Memperoleh pemahaman tentang bagaimana cara mendapatkan karyawan yang potensial
  2. Memahami konsep rekrutmen karyawan yang efektif
  3. Mengenali sumber-sumber rekrutmen
  4. Konsep wawancara dengan calon karyawan baru dan lama
  5. Teknik-teknik bertanya dalam melakukan interviews
  6. Bagaimana menjalankan tes psikologi
  7. Manfaat masing-masing alat ukur
  8. Membaca hasil psycho test dan memberikan rekomendasi

Participant

  1. Staf rekruitmen & selection
  2. Manager Lini yang terlibat dalam rekrutmen & selection
  3. Sarjana psikologi yang ingin menjadi konsultan recruitmen & selection

Course Content

Materi pelatihan ini mencakup:

  1. Strategi rekrutmen yang efektif
  2. Sumber-sumber rekrutmen
  3. Seleksi calon karyawan
  4. Memahami unsure-unsur alat tes psikologi
  5. Persiapan sebelum wawancara
  6. Mengenali teknik2 wawancara dalam seleksi karyawan
  7. Laporan hasil tes psikologi
  8. Administrasi & laporan pelaksanaan rekrutmen & seleksi karyawan

 

Topik – topic yang akan dibahas dapat dilihat pada jadwal lokakarya berikut ini :

Session 1

Rekrutmen Karyawan :

Pokok Bahasan :

  • Filosofi dalam rekrutmen karyawan
  • Sumber-sumber rekrutmen yang baik
  • Keuntungan & kerugian rekrutmen langsung (melalui jobsfair) dan melalui mailing
  • Model iklan lowongan yang efektif

 

Session 2

SELEKSI PENERIMAAN KARYAWAN

Pokok Bahasan :

  • Konsep dalam menyeleksi karyawan
  • Alat-alat apa saja dalam proses seleksi
  • Seleksi untuk fresh graduate dan untuk kandidat yang sudah berpengalaman
  • Metodologi dalam seleksi karyawan

 

Session 3

PEMERIKSAAN PSIKOLOGI

Pkok Bahasan :

  • Memahami kebutuhan karyawan
  • Mengenali alat-alat psycho test
  • Mempertajam kemampuan membaca alat-alat test

 

Session 4

LAPORAN PEMERIKSAAN PSIKOLOGI

Pokok Bahasan :

  • Analisa laporan psiko test
  • Hambatan – hambatan dalam analisa

 

Session 5

WAWANCARA

Pokok Bahasan :

  • Konsep dasar dalam wawancara
  • Bagaimana membina hubungan (building rapport)
  • Teknik bertanya dalam wawancara
  • Teknik mendengarkan yang efektif

 

Session 6

Latihan Wawancara

 

Session 7

Latihan wawancara

 

Session 8

Laporan hasil PEMERIKSAAN PSIKOLOGIS

 

Metoda Pelatihan

Karena training  ini merupakan wahana untuk mempelajari sebuah pengetahuan dan teknik yang bersifat terapan maka metoda yang akan digunakan selain terdiri dari penjelasan / presentasi akan lebih banyak :

  1. pembahasan studi kasus,
  2. latihan

T rainer : Dra. Rini Soepangat, Psi, PhD.

Beliau dikenal sebagai Trainer handal dengan pengalaman lebih dari 30 tahun mengadakan pelatihan / konsultan training Di berbagai perusahaan Swasta maupun lembaga pemerintahan dengan pengalaman karir terakhir sebagai Konsultan Senior Kementerian Luar Negeri. Trainer handal ini merupakan Lulusan Doktor Di Bidang Psikologi Dari Florida State University –USA pada tahun 1986. Beliau mendapatkan gelar Pertamanya Dra Psikologi di Universitas Indonesia tahun 1978 dan gelar Master dari The Florida State University - USA. Beliau selalu membangun motivasi Terhadap karyawan karyawan  di berbagai perusahaan besar di Indonesia. Telah memiliki pengalaman mengajar dibidang soft skills, terutama untuk materi Personality Development, Human Capacity Building, Customer Care, Service excellence, Coaching and counseling,  Merekrut, dan Memilih Karyawan, dan beberapa masalah lainnya, Beliau Juga Telah belasan tahun, mewakili dari berbagai lembaga pelatihan seperti John Robert Powers (sekolah Pengembangan Kepribadian), Cemantec, Persona Power Plus, Spectra centre (Specialist training Centre), HR Konsultan DPD Golkar DKI Jaya, dan masih banyak lembaga pelatihan lainnya.

Investasi : Rp 3.500.000 termasuk ( Souvenir, Flash disk, materi hand-out dan CD modul, 2x coffee break, makan siang dan sertifikat )

Silahkan klik disini untuk pendaftaran.

 


Compensation Benefits and Salary Structure Designed

Jakarta, 27 Juni 2013 - 28 Juni 2013

Souvenir, Flash disk, materi hand-out dan CD modul, 2x coffee break, makan siang dan sertifikat

TRAINING DESCRIPTION

Ketenangan kerja dari setiap karyawan akan selalu dipengaruhi oleh factor-faktor internal maupun eksternal. Faktor-faktor eksternal ini antara lain ialah suasana lingkungan kerja, kebijakan perusahaan dan terutama masalah system penggajian yang ada. Banyak keluhan karyawan yang menyiratkan adanya ketidak- adilan dalam memberikan imbalan gaji, terutama bagi karyawan yang betul-betul berdedikasi dan berprestasi. Hal seperti ini umumnya disadari oleh perusahaan,  namun tidak mampu mengatasinya karena ketiadaan pengetahuan yang cukup untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Hal lain yang sering pula menjadi masalah adalah adanya kenaikan upah minimum yang terjadi setiap tahun.  Setiap tahun pula perusahaan harus mensiasati agar kenaikan tersebut tetap dapat dikendalikan dengan baik.  Masalahnya ialah karena besaran kenaikan gaji sering tidak sebanding dengan keuntungan  yang dihasilkan oleh perusahaaan, tetapi perusahaan terus mendapatkan tekanan dari pekerja.

Hal-hal tersebut diatas merupakan gambaran kecil dari masalah yang membelit perusahaan seputar kebijakan penggajian. Salah satu penyebabnya ialah karena perusahaan sudah terlanjur terjebak dalam torbulensi upah yang disebabkan oleh antara lain :

  • sejak awal perusahaan salah dalam menentukan kebijakan penggajian,
  • penetapan grading secara instink tanpa didasari analisis yang masuk akal.
  • tidak memiliki struktur gaji yang baik dan benar 

TUJUAN & MANFAAT PELATIHAN :

  • Peserta memahami Tantangan dan Pemberlakuan Kebijakan Gaji sejalan dengan persaingan Pasar
  • Peserta akan diajak untuk berpartisipasi secara aktif dalam melakukan latihan Perencanaan Gaji, Salary Range & Penyesuaian Struktur Gaji, Mengelola Gaji serta
  • Meningkatkan dan merancang keuntungan kompetitif (variabel atau insentif bonuss)
  • Sharing pengetahuan antara peserta pelatihan

METODE PELATIHAN :

  1. Lecturing
  2. Workshop
  3. Konsultasi Interaktif
  4. Tugas Individual dan Kelompok

Siapa yang perlu mengikuti :

Compensation and Benefit Staff, HR Manager,Outsourcing Staff, Dll

MODULE :

  1. Hubungan UU Ketenagakerjaan dengan Kebijakan Penggajian
  2. Prinsip 3P dalam sistem penggajian yang komprehensif
  3. Sistematika dan langkah-langkah dalam menyusun Struktur Penggajian
  4. jobs Analysis dan jobs Evaluation
  5. Menyusun Struktur Penggajian
  6. Pentingnya menetapkan Mid Point
  7. Compa Ratio, alat bantu dalam menjaga keseimbangan penggajian
  8. Menyiasati masalah seputar Penggajian
  9. Peserta harap membawa laptop pada saat pelaksanaan training.

T rainer : Sih Hartono, SE. MM

Adalah praktisi HRD yang sudah belasan tahun menggeluti bidang Human Resources Management dan pernah menjabat sebagai senior manager HR & GA di suatu perusahaan swasta nasional, dengan jumlah karyawan diatas limabelas ribu orang, memiliki pengalaman sebagai profesional HR di beberapa industri selama lebih dari 15 tahun. Beberapa Skills dan expertise beliau diantaranya : HR Management, Personell dan GA, HR Budgeting, Designing jobs Grading, Salary Structure dan Industrial Relation. Dengan pengalaman dan expertise yang ia miliki dibuktikan dengan pengalamannya sebagai trainer dan HR consultant untuk berbagai perusahaan seperti ASTRA Training Center, Mulia Industrindo Tbk, Lembaga Pengembangan Tenaga Kerja, PT. Narumi Indonesia, PT. Toyobesq PPI, PT Lintec Indonesia, PT. Mulia Industrindo Tbk. Dll.

Investasi : Rp 3.000.000 termasuk ( Souvenir, Flash disk, materi hand-out dan CD modul, 2x coffee break, makan siang dan sertifikat )

Silahkan klik disini untuk pendaftaran.

 


Powerful Data Analysis And Dashboard Summary Report With Excel 2007

Jakarta, 27 Juni 2013 - 28 Juni 2013

Souvenir, Flash disk, materi hand-out dan CD modul, 2x coffee break, makan siang dan sertifikat

BACKGROUND

Proses menganalisa data dan membuat dashboard summary report dari file text hasil import aplikasi besar, seperti SAP/ERP, masih sering dilakukan dalam proses yang lama, memakan waktu berjam-jam, bahkan berhari-hari meskipun sudah menggunakan aplikasi Microsoft Excel 2007.

Hal tersebut dapat terjadi karena pada umumnya karyawan belum memahami cara pembuatan dan penyusunan meta data yang baik juga masih menggunakan aplikasi Ms. Excel dengan metode yang biasa-biasa saja bahkan sering menggunakan fungsi-fungsi yang itu-itu saja.

Padahal apabila dilakukan dengan metode yang canggih, yang sebenarnya sudah disediakan dalam Excel 2007 serta dengan penggunaan fungsi-fungsi terbarunya, pekerjaan pengolahan data, validasi data,  analisa data dan reporting data tersebut akan dapat cepat diselesaikan meskipun jumlah datanya lebih dari 100.000 (seratus ribu) records dan tentunya sesuai dengan yang diminta oleh pimpinan karyawan tersebut.

Apalagi hasil tersebut dibuatkan ke dalam format dashboard summary report yang interaktif, dinamis dan menarik untuk keperluan analisa database lebih lanjut. Excel 2007 juga ternyata memiliki fitur canggih, yang dalam kondisi defaultnya tidak dimunculkan,  yaitu solver analysis tool pack.

Dengan sejumlah fungsi validasi dan analisa database yang sudah ada, Anda tidak perlu lagi direpotkan membangun aplikasi program database analysis dan summary reporting dengan bahasa progam tertentu yang tentunya membutuhkan waktu dan biaya yang tidak sedikit, karena semua hal tersebut di atas dapat dikerjakan dengan Excel 2007 secara cepat, tepat dan mudah.

 

OBJECTIVES

Setelah mengikuti pelatihan ini peserta diharapkan mampu untuk :

  1. Membaca dan memasukkan berbagai macam data : text file dan database yang lain yang jumlah records lebih dari 100.000 records ke dalam Excel 2007.
  2. Melakukan proses validasi data hasil konvert, baik untuk data text, date dan number.
  3. Melakukan proses logical data dengan single IF dan multiple IF conditional function.
  4. Melakukan quick filter dengan kombinasi gabungan key fields.
  5. Melakukan custom filter dan Advance Filter (Query with Criteria).
  6. Membuat tampilan dan formulasi dashboard reporting yang menarik dan dapat dijalankan secara interaktif oleh user.
  7. Memanfaatkan fungsi-fungsi Excel untuk berbagai macam kebutuhan analisa database.
  8. Mengaktifkan solver analysis tool pack dalam tab menu.
  9. Menggunakan tool analisa database yang ada pada data analysis tool pack untuk kebutuhan analisa database yang cukup kompleks.
  10. Menggunakan tool database analysis solver yang ada pada solver analysis tool pack.

 

SYLLABUS

  1. What’s New in Excel 2007
  2. Read of Ribbon menu
  3. Step by step operation for external data converting process to Excel database.
  4. How make and using Quick Data Filter with create of fields combination union.
  5. How make and using Custom Data Filter with filter by data type (number, text, date).
  6. How make Advance Filter (Criteria and Output Data Query).
  7. How make and using Conditional Formatting Process.
  8. How make and using consolidates Methods.
  9. How make and using Single IF conditional and Multiple IF conditional function.
  10. How make and using Data Validation.
  11. How make and using Data Validation Automation with Table Function.
  12. How make and using Data Table Method for one cell input and two cell input.
  13. How make and using data analysis method (What If Analysis - goals Seek and Scenario manager).
  14. How make and using analysis function.
  15. How make active and using solver analysis tool pack.
  16. How make and using PivotTable
  17. How make and using PivotChart
  18. How make and design dashboard reporting
  19. Case study implementation

 

AUDIENCE TARGET ( Intermediate Level )

Staff dan leaders yang sering menggunakan aplikasi Ms. Excel ( Intermediate level )

 

DURATION :

2  Hari    :  08.30  s/d 16.30 WIB

 

TRAINING METHOD :   Terangkan – Tunjukkan – Lakukan

Dengan metode ini Anda akan mengenal subyek pelatihan secara lebih baik, karena langsung ditunjukkan oleh ahlinya, dan Anda akan diajak untuk langsung melakukan/ menggunakannya.

 

AUDIENCE TARGET

Staff dan leaders yang sering menggunakan aplikasi Ms. Excel ( Intermediate level )

DURATION :

2  Hari    :  08.30  s/d 16.30 WIB

 

T rainer : Erawan Supriyatna

Praktisi dan trainer yang mempunyai pengalaman lebih dari 21 tahun menjadi instructor / trainer di beberapa lembaga pelatihan swasta, instansi pemerintah / swasta  di Jakarta, mulai tahun 1991 – sekarang, antara lain  di Institute Secretary Management & Computer (ISMC Wijaya Kesuma), LPTKI, LPKIA, IKAI, LP3I, PT. Asia Furniture & craftt, PT. Asiana IMI Industries, Tbk.,  PT. Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI), PT. COMBIPHAR,  di PT. LG Philips Display Devices Indonesia, PT. LG Electronics Indonesia, PT. LG Innotek Indonesia dan PT. Harita Prima Abadi Mineral (Mining Company).
Pernah menjabat sebagai Manager Training dan Development di perusahaan swasta dan perusahaan jasa konsultan. Jabatan terakhir adalah sebagai Direktur Training & Development di perusahaan swasta IT training and consulting, PT. Target digitall Solusindo.
Beliau termasuk dalam tim konsultan manajemen kearsipan dan pengembangan software EFIDMS (New EDMS).  Aktif di dalam proyek-proyek pelatihan dan konsultasi serta pengembangan dan implementasi Electronic Filing and Document Management System, baik di instansi pemerintah, swasta, organisasi perbankan dan asuransi.
Sekarang beliau menjadi Trainer dan consultant di beberapa perusahaan provider training and consulting. Selain tema pelatihan tersebut di atas, beliau juga memberikan pelatihan IT sebagai berikut :
IT Infrastructure Library (ITIL v3.1), Amazing Presentation for Powerful Presentation with PowerPoint 2010, Best Practices Implementation of Word 2007 for Business, Excellent Automation Process with Visual Basic Application Excel2007, Implementation of Electronics Filing & Document Management System, Implementation of Financial Accounting Information System, Implementation of Payroll Administration Information System, Mastering Excel 2007 Beyond For Data Processing Automation, Powerful Data Analysis and Dashboard Summary Report with Excel2007, RDBMS Application Development with accesss 2007, Control Object for IT (COBIT v.4.1), Managing of Information Technology Investment and IT Vendor Management.
Selain itu juga beliau adalah praktisi pelatihan dengan metode quantum teaching, quantum learning, mind mapping  dan NLP di  bagian pengembangan sumber daya manusia (HRD Training & Development) selama lebih dari 7 tahun. Dengan perpaduan metode pelatihan seperti itulah,  pelatihan seberat apapun selalu dibawakan secara ringan, jelas dan tuntas. Sehingga proses pelatihan berlangsung dengan menyenangkan dan mencapai tujuan yang diinginkan oleh peserta pelatihan.

Investasi : Rp 3.500.000 termasuk ( Souvenir, Flash disk, materi hand-out dan CD modul, 2x coffee break, makan siang dan sertifikat )

Silahkan klik disini untuk pendaftaran.

 


Training Akan dilaksanakan di:

Arion Swiss Belhotel (Kemang) / Hotel Harris (Tebet) / Aryaduta Suites Hotel(Semanggi)/ Ibis Arcadia Hotel / Ibis Tamarin Hotel / Hotel Peninsula

Hotel lainnya di Jakarta yang akan kami konfirmasikan di dalam confirmation letter

 

Bagi rekan-rekan yang ingin mengetahui Jadwal Publik training ataupun In House Training Specialist Training centre (Spectra Centre), Silakan mengunjungi website kami www.spectracentre.com atau dapat juga mendaftar melalui HOTLINE kami dari hari Senin s/d Jum'at, Pkl 09.00 s/d 17.00 wib.
Terima kasih

 


No. Topic Public Training Lainnya Tanggal Status
1 Train The Trainers Program : Deliver your training inspiringly and enjoyable 27 Jun - 28 Jun Almost Running
2 Service Excellence 27 Jun - 28 Jun Almost Running
3 Practical Business Plan 27 Jun - 28 Jun Almost Running
4 Practical Planning And Controlling Projects / IT Project 26 Jun - 28 Jun Almost Running
5 General Affairs Professional Program : Concept, Strategy and Implementation, Bali 1 Jul - 2 Jul Almost Running
6 Project Management With Ms Project Application 1 Jul - 3 Jul Almost Running
7 Train of The Trainers 4 Jul - 5 Jul Almost Running
8 Logistics and Supply Chain Management : Concept, Strategy and Implementation 4 Jul - 5 Jul Almost Running

 


About Us

SPECIALIST TRAINING CENTRE (SPECTRA CENTRE)
PENDAFTARAN:
Iman / Yusuf / Doni / Seno
Telp:(021) 8774 0801, 2732 9622, 7072 6151
Fax:(021) 8774 0627
Email : pendaftaran@spectracentre.com
Website : www.spectracentre.com

 


PT. SOLUTION CENTRE INDONESIA / SPECIALIST TRAINING CENTRE (Spectra Centre)
PODOMORO CITY, gardenn shoping Arcade Blok B / 8 DH, Jl. S. Parman, Jakarta Barat 11470 - Indonesia.
Telp: (021) 7072 6151, 2732 9622 Fax: (021) 8774 0627, Website: www.spectracentre.com
Silahkan klik disini untuk berhenti berlangganan email dari kami.
Click this link to stop receiving these emails

0 komentar:

Posting Komentar