Pages

Senin, 19 Agustus 2013

INFO TRAINING : Manajemen Pergudangan & Export - Import Procedure_ Agustus 2013 (RUNNING)

SpectraCentre
specialsist Training Centre
 

Jadwal Training Running Spectracentre

Manajemen Pergudangan & Export - Import Procedure
Agustus 2013 (Running) 

 


Manajemen Persediaan Dan Administrasi Pergudangan

Jakarta, 26 Agustus 2013 - 27 Agustus 2013

Souvenir, Flash disk, materi hand-out dan CD modul, 2x coffee break, makan siang dan sertifikat

Seminar/Conference Description

Manajemen logistik dan Pergudangan memegang peran yang sangat penting dalam kehidupan sebuah perusahaan. Barang yang disimpan di gudang bisa dalam bentuk bahan baku, barang setengah jadi, suku cadang maupun produk jadi. Peningkatan produktivitas dan pelayanan pergudangan akan sangat berpengaruh pada performansi perusahaan secara keseluruhan. Pelatihan ini akan membahas aspek operasional sistem manajemen pergudangan. Karena titik utama pembahasan adalah masalah operasional logistik dan administrasi pergudangan, maka pelatihan ini sangat cocok untuk para eksekutif perusahaan di tingkat operasional dan menengah. Di dalam pelatihan ini,selain aspek manajemen juga akan dibahas secara terinci sistem dan prosedur administrasi pergudangan, laporan yang harus dihasilkannya beserta contoh setiap jenis formulir yang diperlukan.

Manfaat setelah mengikuti seminar ini :

  1. Peran manajemen logistik dan Pergudangan dalam kehidupan Perusahaan.
  2. Pemeriksaan/Pengujian Barang.
  3. Administrasi Penerimaan Barang.
  4. Administrasi Penyimpanan Barang.
  5. Akuntansi Persediaan.
  6. Konsep inventory control.
  7. Administrasi Distribusi Barang.
  8. Laporan Sistem Pergudangan.
  9. Inventarisasi dan auditing persediaan
  10. Sistem Informasi dan Komputerisasi Sistem Manajemen Pergudangan
  11. Pengukuran performansi sistem pergudangan dan distribusi.

Materi seminar :

  1. Peran manajemen logistik dan Pergudangan dalam kehidupan Perusahaan.
    1. Evolusi sistem manajemen logistik.
    2. Siklus manajemen logistik.
    3. Pergudangan sebagai Subsistem dalam sistem logistik.
    4. Objektif Manajemen logistik dan Pergudangan.
    5. Fungsi fungsi manajemen logistik dan pergudangan.
    6. Fungsi Pelayanan Sistem logistik dan Pergudangan.
    7. Aktivitas gudang
    8. Struktur Pergudangan
    9. Pemilihan Lokasi Gudang
  2. Pemeriksaan/Pengujian Barang.
    1. Dasar Pemeriksaan Barang.
    2. Destructive dan Non destructive test.
    3. Kriteria Pemeriksaan total dan sampling.
    4. Penentuan ukuran sample.
    5. Penentuan Acceptance Level.
    6. Pembuatan Berita Acara Pemeriksaan Barang.
  3. Administrasi Penerimaan Barang.
    1. Prasyarat penerimaan barang.
    2. Pembentukan teams penerimaan barang.
    3. Kriteria penerimaan barang.
    4. Sistem dan Prosedur Penerimaan Barang.
    5. Dokumen penerimaan barang.
    6. Berita Acara Penerimaan Sementara.
    7. Berita Acara Penerimaan Barang.
    8. Penyusunan laporan transaksi barang.
    9. Rekomendasi pembayaran.
  4. Administrasi dan Teknik Penyimpanan Barang.
    1. Sistem dan Prosedur Penyimpanan Barang.
    2. Dokumen yang digunakan untuk penyimpanan barang.
    3. Tatacara Pengisian Kartu Barang.
    4. Tatacara Pengisian Kartu Administrasi Persediaan
    5. Tatacara perhitungan nilai persediaan barang
  5. Teknik Penyimpanan Barang Berukuran Kecil.
    1. Aktivfitas unloading barang ukuran kecil.
    2. Pengendalian kualitas dan kuantitas.
    3. Packaging.
    4. Identifikasi produk.
    5. Teknik penyimpanan dan pelayanan pelanggan
    6. Pengendalian persediaan.
    7. Authomatic identification method
  6. Pengelolaan barang yang disimpan menggunakan karton (full-case)
    1. Manfaat penyimpanan barang menggunakan karton.
    2. Order-pick methods.
    3. Teknik pengaturan penyimpanan menggunakan karton.
    4. Identifikasi posisi karton dan pallet.
  7. Akuntansi Persediaan.
    1. Peran akuntansi dalam pengelolaan persediaan.
    2. Kontrol intern dilihat dari segi organisasi serta sistem dan prosedur administrasi pergudangan.
    3. Perhitungan biaya material dengan metoda FIFO (First in First Out), LIFO (Last in First Out), dan AVERAGE.
    4. Laporan persediaan yang diperlukan akuntansi.
  8. Laporan Sistem Pergudangan.
    1. Laporan status persediaan.
    2. Laporan Transaksi Barang.
    3. Klasifikasi Barang.
    4. Statistik Pemakaian Barang.
    5. Laporan Perhitungan Inventory Control.
  9. Manajemen Pergudangan dan distribusi.
    1. Konsep dasar Distribution Requirement Planning (DRP).
    2. Multi - echelon distribution system
    3. Pull system
    4. Push system
    5. Illustrasi order - point system
    6. Solusi order point
    7. Base - stock system
    8. Illustrasi perhitungan DRP
    9. Studi kasus DRP dengan menggunakan Software.
  10. Inventory Control Techniques.
    1. Klasifikasi persediaan.
    2. Biaya persediaan.
    3. Sistem pengendalian persediaan.
    4. Economic order quantity; Reorder point dan Safety Stock untuk Independent - material
    5. Fixed order period inventory system.
    6. Just In Time (JIT) inventory management.
    7. Latihan perhitungan optimasi persediaan.
  11. Inventarisasi dan auditing persediaan
    1. Manfaat inventarisasi persediaan.
    2. Teknik inventarisasi persediaan.
    3. Inventarisasi total dan inventarisasi sebagian.
    4. Laporan Hasil inventarisasi.
  12. Sistem Informasi dan Komputerisasi Sistem Manajemen Pergudangan
    1. Perbedaan data dan informasi pergudangan.
    2. Apa yang dimaksud dengan sistem informasi manajemen.
    3. Pembentukan Master File Kodifikasi Barang.
    4. Pembentukan Master File Persediaan di Gudang.
    5. Penentuan Kode Lokasi Barang.
    6. Teknik Pencatatan Transaksi Barang.
  13. Studi kasus sistem manajemen pergudangan.

Metoda Seminar :

Ceramah,diskusi, studi kasus dan praktikum QSB (Quantitative System for Business).

Anda seharusnya hadir :

Manajer logistik dan staff, manajer pergudangan dan staff,manajer pengadaan dan staff, manajer keuangan dan staff, manajer Supply Chain dan staff serta semua posisi yang erat hubungannya dengan manajemen persediaan dan pergudangan

T rainer : Ir. Asep Saefulbachri , MBA., MM.

Beliau mendapatkan gelar MBA-nya dari Asian Institute of Management pada tahun 1992 dan Magister Management dari sekolah Tinggi Manajemen Bandung (telkom) pada tahun 1996. Lulusan Teknik Industri ITB pada tahun 1981 ini mengikuti banyak training & pelatihan di dalam dan luar negeri, antara lain yang di adakan oleh: Arizona State university USA, ATI-Edmonto, Canada, dan Siemens-Munich West Germany.

Sebagai direktur sebuah training organizer dan konsultan di bidang management, beliau juga aktif memberikan training-training untuk Opration Managenet, Purchashing, Production, Logistic & Supply Chain Management, Business & financial Management, dan lain – lain. Beliau juga memberikan mata kuliah untuk Logistic & Supply Chain Management dan financial Management di program Pasca Sarjana Fakultas Teknik Industri Universitas Pasundan Bandung

Investasi : Rp 3.500.000/peserta 
harga spesial Rp. 6.000.000/2 peserta
termasuk ( Souvenir, Flash disk, materi hand-out dan CD modul, 2x coffee break, makan siang dan sertifikat )

Silahkan klik disini untuk pendaftaran.

 


Export - Import Procedure

Jakarta, 29 Agustus 2013 - 30 Agustus 2013

Souvenir, Flash disk, materi hand-out dan CD modul, 2x coffee break, makan siang dan sertifikat

TRAINING DESCRIPTION

Dalam era perdagangan global sekarang ini arus barang masuk dan keluar sangatlah cepat. Untuk memperlancar urusan bisnisnya, para pengusaha dituntut untuk memiliki pengetahuan yang cukup mengenai prosedur ekspor dan impor, baik dari kepabeanan, shipping maupun perbankan, yang semuanya ini saling berkaitan dan selama ini sering terjadi permasalahan dilapangan. Pelatihan ini khusus diberikan, didisain dan dikembangkan bagi para eksekutif ekspor impor untuk memberikan keterampilan pemahaman yang mendalam mengenai prosedur ekspor impor secara terpadu baik dari sisi Kepabeanan, Shipping dan Perbankan dan lain - lain. Di akhir pelatihan, peserta akan  semakin  merasakan  manfaat  pelatihan  dengan  diberikan  latihan pengisian dokumen ekspor – impor dengan benar serta permasalahan – permasalahan yang selama ini sering dialami dilapangan.

Disampaikan secara praktis dan dibawakan oleh praktisi yang sudah berpengalaman lebih dari 19 tahun di bidang ekspor impor. Dalam pelatihan ini anda akan dibimbing step by step agar bisa menjalankan proses ekspor impor secara efektif dan efisien. Selain di kelas theory dan praktek, juga akan di pandu melakukan kunjungan lapangan ke pelabuhan domestic dan export impor sebagai akselarasi, triggers, perbandingan, pengalaman, tentang rial proses handling barang dan dokumen ekspor impor di lapangan.

METODE PELATIHAN :

  1. Lecturing
  2. Workshop
  3. Konsultasi Interaktif
  4. Tugas Individual dan Kelompok

Siapa yang perlu mengikuti :

Eksekutif, supervisor, senior staf dibidang ekspor impor dari perusahaan - perusahaan yang melakukan ekspor impor, Perusahaaan Niaga / Industri / Pertambangan / Otomotif, BUMN dan Swasta, Bank BUMN, Swasta Nasional dan Asing, Perusahaan Asuransi, Perusahaan Pelayaran, dll.

MODULE :

  1. Gambaran umum kepabeanan:
  • Pengertian Kepabeanan
  • Daerah pabean,
  • kawasan pabean,
  • kewenangan pabean,
  • mengenal buku tarif bea masuk,
  • cara klasifikasi barang (HS).
  1. Incoterms 2010 (Syarat Peyerahan Barang)
    1. EX Works
    2. FCA, FAS, FOB
    3. CFR, CIP, CPT, CIP
    4. DAT, DAP, DDP
    5. Aplikasi Incoterm dan Biaya biaya yang terkait dengan ekspor impor
  2. Metode Pembayaran Internasional
    1. Advance Payment
    2. Open Account
    3. Consignment
    4. collections
    5. L/C
  3. International Transportation
    1. Pengertian

 

  1. Shipping Company
    1. Reguler Liner Service
    2. Tramper Service
    3. charters partty

 

  1. Shipment (Pengapalan)
    1. Pengertian dari Shipment
    2. Pihak- pihak yang terlibat dalam shipment
    3. Tanggung Jawab & Kewajiban Shipper, Carrier dan Consignee
    4. Inward Manifest dan keterkaitanya dengan importer
    5. Outward Manifest dan keterkaitanya dengan eksporter

 

  1. Prosedur shipping:
    1. Prosedur booking kapal cargo atau pesawat cargo dengan shipping instruction
    2. Transport Documents
    3. Pengertian document transport
    4. Bill of Lading (B/L):
    5. Original BL dan copy BL
    6. Sea Way Bill, bank garansi  Telex Release
    7. Master BL dan House BL
    8. Throught BL, Combine BL/Multimodal BL, Switch BL

 

  1. Bill of Lading (B/L) dan Delivery order impor dan ekspor
    1. Fungsi dari B/L
    2. Hal – hal yg perlu diperhatikan di dalam B/L
    3. Cara peralihan / endorsement B/L
    4. Reading the BL:
      1. Number BL
      2. Issuer BL
      3. partty in the BL 
      4. Shipped on Board
      5. Clean on Board
      6. Dirty / Foul B/L
      7. specials note in BL : frree time demmurage, temperature control, stowage note 
      8. Said To Contain (STC)
      9. Shipper Load and account
      10. CY / CY atau FCL / FCL
      11. CFS / CFS atau LCL / LCL
      12. Freight payer
      13. Shipping mark
      14. etc

 

  1. Dokumen Ekspor – Impor
    1. Dokumen Finansial (Financial Documents)
    2. Shipping Documents
      1. Commercial Invoice
      2. Packing / Weight List
      3. Bill of Lading / B/L
      4. Air Waybill / AWB
      5. Marine insurances
      6. Certificate of Origin (SKA),
      7. dll

 

  1. Prosedur Impor
    1. Pengertian Impor
    2. Persyaratan Impor
    3. Kedatangan Barang Impor
    4. Hal-hal yang dilakukan di pelabuhan:
      1. Shipping Clearance
      2. Custom Clearance
      3. Port Clearance
    5. Pungutan Negara dalam Rangka Impor
      1. Nilai Dasar Perhitungan Bea Masuk (NDPBM)
      2. Surat Setoran Pabean Cukai & Pajak (SSPCP)
      3. Cara Perhitungan: Bea Masuk, Cukai, PPN & PPnBM, PPh Pasal 22
    6. Tata Cara Pembayaran BM, Cukai, PPN, PPnBM dan PPh Psl 22

 

  1. Pengeluaran Barang Impor
    1. Dokumen Pemberitahuan
    2. Pembayaran Pajak & Pungutan Negara
    3. Penetapan Jalur
      1. Jalur kuning
      2. Jalur Merah
      3. Jalur Hijau
      4. Jalur Prioritas
    4. Pemeriksaan Pabean
      1. Pemeriksaan Dokumen
      2. Pemeriksaan Fisik
  2. Jalur Prioritas
    1. Pengertian
    2. Kemudahan / Manfaat
    3. Persyaratan
    4. Cara Pengajuan / Mendapatkan Jalur Prioritas
  3. Tata Kerja Penyelesaian Barang Impor
    1. Penyelesaian barang impor melalui jalur merah
    2. Penyelesaian barang impor melalui jalur kuning
    3. Penyelesaian barang impor melalui jalur hijau
    4. Penyelesaian barang impor melalui jalur prioritas
  4. Fasilitas Kepabeanan (Custom Facility)
    1. Kemudahan Impor Tujuan Ekspor ( KITE )
    2. Kawasan Berikat
    3. Gudang Berikat
    4. Jalur Prioritas
    5. Returnable Package
    6. customms Advice & Valuation Ruling
    7. Pre Notification
    8. Etc.
  5. Prosedur Ekspor dengan Menggunakan Letter of Credit (L/C)
    1. Pengertian Ekspor dan persyaratan menjadi eksporter
    2. Persyaratan Ekspor
    3. Pengelompokkan Barang Ekspor ( Larangan dan Pembatasan)
    4. Pajak / Pungutan Ekspor
      1. Dasar & Tujuan Barang dikenakan Pajak Ekspor
      2. Tata Cara Perhitungan Pajak Ekspor
      3. Harga Patokan Ekspor (HPE)
      4. Surat Tanda Bukti Setoran (STBS)
      5. Surat Sanggup Bayar (SSB)
    5. Memahami Syarat & Kondisi L/C
    6. Proses ekspor melalui shipping dan airlines
    7. Tata Cara Memeriksa Dokumen
    8. Discepancy dan Penanganannya
    9. Negotiation
    10. collections Basis
    11. Diskonto
  6. Pembahasan kasus – kasus yang sering terjadi dalam transaksi Ekspor – Impor

T rainer : Marsanto, MM

(Praktisi Dibidang Ekspor Impor & Konsultan)

Berpengalaman di bidang tata laksana impor, tata laksana ekspor, pelayaran cargo international dan domestic, operasioanal pelabuhan, operasional freight forwarder, pembangunan jaringan freight forwarder, pemasaran, manajemen perusahaan freight forwarder, sumber daya manusia di bidang freight forwarder, ekspor-impor, logistics.

Telah dan masih aktif berkarir sebagai professional di industri Pelayaran dan Forwarder dan memberikan jasa konsultasi kepada perusahaan eksportir dan importir. Area kepakarannya meliputi Ekspor Impor, Logistik, Shipping, Kepabeanan dan Human Resources.

Saat ini beliau aktif sebagai Manajer Divisi ekspor-impor di International Freight Forwarder. Berpengalaman dalam bidang pengajaran dan pelatihan sebagai pengajar dan pembicara dalam seminar serta fasilitator training seperti di Politeknik LPKIA, Politeknik Pos Indonesia, Politeknik Negeri Bandung dan beberapa instansi lainnya sejak tahun 1998 dan para bankir seperti : Bank Bukopin, Bank Danamon, Bank Permata, Bank DBS, Standard Chart Bank dll.

Investasi : Rp 3.500.000/peserta 
harga spesial Rp. 6.000.000/2 peserta
termasuk ( Souvenir, Flash disk, materi hand-out dan CD modul, 2x coffee break, makan siang dan sertifikat )

Silahkan klik disini untuk pendaftaran.

 


Training Akan dilaksanakan di:

Arion Swiss Belhotels (Kemang) / hotels Harris (Tebet) / Aryaduta Suites hotels(Semanggi)/ Ibis Arcadia hotels / Ibis Tamarin hotels / hotels Peninsula/Hotels Puri Denpasar (Kuningan)

hotels lainnya di Jakarta yang akan kami konfirmasikan di dalam confirmation letter

 

Bagi rekan-rekan yang ingin mengetahui Jadwal Publik training ataupun In House Training specialsist Training centre (Spectra Centre), Silakan mengunjungi website kami www.spectracentre.com atau dapat juga mendaftar melalui HOTLINE kami dari hari Senin s/d Jum'at, Pkl 09.00 s/d 17.00 wib.
Terima kasih

 


No. Topic Public Training Lainnya Tanggal Status
1 Managing Customer Service Excellence 22 Aug - 23 Aug Almost Running
2 Human Resources Management Program 22 Aug - 23 Aug Almost Running
3 Behavior Event interviews Technique For Recruitment and Promotion 28 Aug - 29 Aug Almost Running
4 MANAJEMEN PAYROLL 29 Aug - 29 Aug Almost Running
5 Excellence Public Relationship And Marketing Communication Training 26 Aug - 27 Aug Almost Running
6 Building Ethical Culture Through Business Ethics & GCG 28 Aug - 29 Aug Almost Running
7 Export - Import Procedure 29 Aug - 30 Aug Almost Running




8 Designing Action Plan 2013 (RKAP) & Road Map 2013-2018 (RJPP) 29 Aug - 30 Aug Almost Running
9 General Affairs Professional Program : Concept, Strategy and Implementation 29 Aug - 30 Aug Almost Running

 


About Us

specialsIST TRAINING CENTRE (SPECTRA CENTRE)
PENDAFTARAN:
Iman / Yusuf / Seno
Telp:(021) 8774 0801, 2732 9622, 7072 6151
Fax:(021) 8774 0627
Email : pendaftaran@spectracentre.com
Website : www.spectracentre.com

 


PT. SOLUTION CENTRE INDONESIA / specialsIST TRAINING CENTRE (Spectra Centre)
PODOMORO CITY, gardenn shoping Arcade Blok B / 8 DH, Jl. S. Parman, Jakarta Barat 11470 - Indonesia.
Telp: (021) 7072 6151, 2732 9622 Fax: (021) 8774 0627, Website: www.spectracentre.com
Silahkan klik disini untuk berhenti berlangganan email dari kami.
Click this link to stop receiving these emails

0 komentar:

Posting Komentar